Pages

Subscribe:

Jumat, 19 April 2013

Analisis SWOT


a.      Strategi Produk (Product Strategy)
Dalam strategi produk ini, minimarket berusaha untuk menekankan pada produk  yang ditawarkan disesuaikan dengan berbagai macam kondisi serta permintaan masyarakat yang ada, sehingga diharapkan akan dapat mencapai sasaran yang luas. Karena perusahaan ini merupakan minimarket yang bergerak dibidang penjualan bermacam-macam kebutuhan sehari-hari. Adapun barang yang ditawarkan oleh indomaret meliputi : makanan, minuman, alat tulis, kosmetik, makanan ringan, peralatan mandi, dan lain-lain. Semua produk yang di jual di indomaret selalu di update sehingga tidak ada produk expired yang terjual.

b.      Strategi Harga (Price Startegy)
Strategi harga yang ditentukan atas penjualan produk di indomaret merupakan harga yang telah disesuaikan dengan minimarket lainnya dan masing-masing produk memiliki harga yang berbeda-beda dan harganya terjangkau dikalangan mahasiswa.

c.       Strategi Distribusi / Tempat (Place Strategy)
Strategi Distribusi / Tempat merupakan hal yang penting untuk penetuan lokasi dalam memasarkan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Apakah tempat yang telah ditentukan minimarket sudah tepat sebagai sasaran penjualan, dari segi akses jalan, maupun situasi lingkungan sekitar. Lokasi yang ditentukan oleh minimarket bisa dikatakan mencukupi kriteria-kriteria diatas. Lokasi yang dipilih oleh minimarket bisa dikatakan cukup strategis, karena terletak berdekatan dengan Universitas Gunadarma. Selain itu situasi lingkungan sekitar juga terbilang baik, dari segi keamanan dan juga tempat parkir yang memadai. Dan yang paling penting adalah lokasi minimarket memiliki akses jalan yang mudah dicapai oleh konsumen.

d.       Strategi promosi (Promotion Strategy)
Dalam memasarkan produk-produknya, indomaret melakukan berbagai upaya promosi untuk meningkatkan tingkat penjualannya. Misalnya memberikan potongan harga terhadap barang-barang tertentu sehingga banyak masyarakat yang tertatrik membeli produk yang mendapatkan potongan harga.
Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan suatu alat analisa yang digunakan untuk melihat kondisi lingkungan internal dan eksternal indomaret. Dari faktor internal indomaret dapat diketahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan indomaret, sedangkan faktor eksternal indomaret kita dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman indomaret.

a.      Analisis Lingkungan Internal
Analisis lingkungan internal digunakan untuk menganalisis fungsi yang mempengaruhi kegiatan dalam pemasaran. Fungsi tersebut merupakan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan indomaret.

• Faktor-faktor yang menjadi kekuatan indomaret adalah sebagai berikut :

1.Pemasaran
Bila dilihat dari perkembangan usahanya menunjukkan bahwa pemasaran indomaret dalam memasarkan produknya dapat dikatakan cukup berhasil. Tidak hanya mahasiswa saja yang membeli produknya bahkan ibu rumah tangga-pun membeli kebutuhan sehari-harinya ke indomaret.

2.Produk
Dengan berbagai macam produk yang ditawarkannya, diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan menjadikan konsumen merasa puas berbelanja di indomaret. Sebab produk-produk yang di jual di indomaret lengkap sehingga konsumen lebih mudah mencari kebutuhannya. Dan konsumen merasa aman terhadap produk indomaret sebab tidak terdapat produk yang expired.

3.Personalia (Sumber Daya Manusia)
Usaha-usaha yang telah dilakukan oleh indomaret dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) nya antara lain dengan memberikan pelatihan serta pengarahan kepada para karyawannya sesuai dengan bidangnya masing-masing.


• Faktor-faktor yang menjadi kelemahan indomaret adalah sebagai berikut :

1.Kegiatan Promosi
Dalam memasarkan produknya, pemasaran kurang gencar dalam melakukan promosi penjualan, sebab indomaret ini sudah dikenal masyarakat tentunya. Tidak ada kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui jejaring social dan media komunikasi lainnya.

2. Lokasi
Lokasi indomaret yang berada di Jl. Akses UI No. 67 (Kelapa Dua), Depok, Jawa Barat 16951, Indonesia. Merupakan daerah yang berada diantara universitas - universitas ternama. Namun masih ada kelemahan dari lokasi indomaret, hal yang menjadi titik kelemahannya adalah akses jalan yang sering macet di jam – jam tertentu. Tentunya keadaan seperti ini juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen.

b.      Analisis Lingkungan Eksternal
Analisis lingkungan eksternal dipakai untuk menganalisis kondisi perusahaan dari lingkungan jauh, lingkungan industri, dan lingkungan operasional terutama melihat faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman bagi indomaret.

Lingkungan Jauh (Remote Environment)
Kecendrungan lingkungan makro seperti ekonomi, sosial-budaya ataupun tren dapat mempengaruhi masa depan produk. Dari beberapa aspek tersebut dapatlah diketahui adanya peluang utama bagi produk-produk indomaret ini :

Konsumen, meruapakan peluang bagi indomaret sebab dengan aktifnya konsumen yang menjadi pelanggan indomaret tentu saja menjadi faktor yang membuat indomaret semakin memperluas usahanya meskipun banyak minimarket yang menjual produk sejenis namun jika konsumen yang telah menetapkan pilihannya menjadi konsumen indomaret tetap berbelanja di indomaret sebab indomaret telah menjadi pilihan berbelanja konsumen tersebut.

1. Ancaman Pendatang Baru
Pendatang baru ( Pesaing Baru ) merupakan salah satu ancaman yang harus di waspadai oleh indomaret karena banyak minimarket yang menjual produk sejenis. Tentu saja minimarket itu menjual produk lebih murah dari indomaret demi menarik minat konsumen. Ancaman semacam itu harus diperhatikan oleh pihak manajemen indomaret agar indomaret tidak kehilangan konsumennya.

2. Persaingan diantara Pesaing yang Ada
Persaingan yang terjadi diantara pesaing yang ada terutama persaingan dalam hal harga, potongan harga, serta dalam pelayanannya. Hal ini yang harus diwaspadai oleh manajemen indomaret karena persaingan tersebut dapat merupakan suatu ancaman bagi indomaret.

0 komentar:

Posting Komentar