Pages

Subscribe:

Sabtu, 16 Oktober 2010

I. Tugas Mata Kuliah
1. Pengertian Bisnis
Bisnis adalah aktifitas ekonomi seperti penyediaan barang dan jasa, produksi, pembelian, penjualan, dan pertukaran barang dan jasa, yang melibatkan orang atau perusahaan yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

2. Perbedaan bisnis dan kegiatan non bisnis.
bisnis itu memiliki tujuan mencari laba atau keuntungan dengan cara mengembangkan bisnis yang sedang di jalankan, sehingga mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. sedangkan kegiatan non bisnis itu bersifat motif sosial, yaitu kegiatan manusia yang tidak di dasari mencari keuntungan melainkan lebih kepada aspek kemanusiannya. misalnya Organisasi Masjid

3. Kesempatan bisnis
Kesempatan bisnis adalah suatu peluang untuk melakukan bisnis. baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.

4. manfaat mempelajari bisnis

* Menjadi BOS
Dari poin yang satu ini sangat menarik, jika anda adalah orang yang sangat susah di atur dan mau bertindak sendri. sepertinya ini poin yang menjadi sangat menarik bagi anda karena keuntungan membangun bisnis sendiri adalah dimana pemimpin atau BOS ya adalah diri anda sendiri.
* Menjadikan sosok yang berfikir
Maksud dari poin yang ini adalah, jika anda membangun bisnis ini sendiri akan memikirkan akan dibawa kemana bisnis yang akan anda bangun ini. lain halnya jika anda menjadi karyawan atau menjadi bawahan, anda hanya akan di suruh dan di suruh saja. dan dengan itu akan menjadi anda tipe orang pekerja bukan tipe orang berpikir.
* Membantu Negara
jika anda membangun usaha sendiri, secara tidak langsung anda membutuhkan karyawan untuk membantu anda dalam mengelola bisnis yang akan anda jalankan. dan secara tidak langsung anda juga telah membantu negara dalam mengurangi pengangguran.
* Keuntungan usaha di tentukan oleh anda sendiri.
yang dimaksud dalam poin ini adalah anda bisa menentukan keuntungan usaha yang anda mau. jika ingin usaha anda tinggi, anda bisa menjual produk anda dengan harga tinggi sesuai dengan kemauan anda. tetapi dengan catatan harga yang di berlakukan masih dalam hal yang wajar.
 (Sumber: www.tdwclub.com/bisnis/4-keuntungan-membangun-bisnis-sendiri/)

II. Tugas Tulisan Bebas
uraikan bisnis apa saja yang dapat mendatangkan hasil yang menguntungkan bila di klelola dengan baik. minimal 3 tulisan

1. Bisnis Pakaian
Bisnis pakaian yang dimulai dari usaha menjahit, dengan skill yang telah dimiliki akan mendatangkan hasil yang menguntungkan apabila dikelola dengan baik. langkah pertama, buka semacam jahitan yang hanya mengandalkan tenaga sendiri, tetapi harus membuat pelanggan merasa puas hasilnya. kemudian ketika pelanggan itu puas, secara tidak langsung pelanggan semakin bertambah. ketika pelanggan mulai meningkat jumlahnya, pasti membutuhkan tenaga jahit, dengan bertambahnya penjahit, semakin banyak dan cepat pula pakaian yang dapat di selesaikan. kemudian buka toko atau boutique yang tampilan pakaiannya begitu menarik minat pembeli begitu bertambah. setelah bisnis kecil-kecilan itu menghasilkan keuntungan yang besar, dapat membuka cabang usaha yang lebih banyak lagi bahkan sampai terkenal di dunia.

2. Bisnis Sembako ( Beras )
Bisnis beras tidak hanya dapat di lakukan oleh orang yang memiliki modal yang besar. Bahkan seorang petani yang memiliki sawah juga dapat melakukan bisnis beras, asal ada niat dan kemauan. Langkah awal yang harus petani lakukan adalah, membuat lahan pertaniannya subur sehingga padi yang di tanaminya dapat tumbuh subur. hasil sawah yang telah panen, kemudian di ubah menjadi beras, lalu di jual. jika perwaatan padinya baik, maka yang di dapatkannya baik pula. lalu padi itu di jual kepada warga. hasilnya disisihkan untuk memperbesar pertanian. Ketika lahannya bertambah banyak, bertambah banyak pula hasil panen yang di dapatkan. Maka yang dapat di jualnyapun akan meningkat. Dan tidak hanya warga sekitar saja yang dapat membeli, bahkan warga dari daerah lain juga dapat membeli karena beras merupakan sembako yang sangat di butuhkan kegunaannya.

 Bisnis Kue
Bisnis kue dapat mendapatkan hasil yang menguntungkan jika bisnis ini di jalani dengan baik dan sabar. Karena dalam usaha berbisnis yang di butuhkan hanyalah ketekunan dan kesabaran. Kue itu bermacam-macam. Ada kue kering dan kue basah. Orang-orang suka membeli kue ketika mengadakan acara ulang tahun, ketika hari raya, dan acara penting lainnya. Maka dari itu pembuat kue harus memanfaatkan peluang untuk membuat bisnis kue, dengan tampilan yang menarik dan cita rasa yang tinggi tentu saja orang-orang tidak akan kecewa ketika membeli kue itu. Kemudian saat masyarakat menyukai tersebut kita dapat memperluas usaha kita sehingga pelangganpun akan bertambah banyak. Setelah pelanggan bertambah banyak tentu saja pendapatan akan meningkat. Begitu seterusnya.
 

0 komentar:

Posting Komentar