Pages

Subscribe:

Senin, 24 Januari 2011

Makanan panas jangan di simpan di plastik!


Belakangan cukup gencar himbauan untuk enggak menggunakan plastik dalam hal apapun. Sebenarnya, himbauan itu ada benernya juga. Plastic merupakan bahan yang paling sulit di olah kembali. Sehingga benda yang memudahkan kita dalam menjinjing barang-barang ini bisa di bilang menjadi ancaman terbesar bagi bumi. Plastik juga enggak bagus buat kesehatan, karena bahan-bahan yang ada di dalamnya sangat membahayakan.

Bahaya plastic buat kesehatan sebenarnya ketika plastic digunakan buat membungkus makanan yang panas. Karena kandungan yang ada di dalamnya amat berbahaya. Yakni mengandung pemlastis dioktilfalat atau DOP (bersifat toksisitas berdasarkan uji karsinogenik), yang konon kabarnya barasal dari minyak bumi yang sangat berbahaya. Pemlastis DOP yang di panaskan pada media minyak dapat menyebabkan kontanminasi yang tinggi.

Sering kali di jumpai ketika mie yang di sajikan secara panas lalu di bungkus dengan kemasan plastic. Nah, panas mie akan melebur dengan minyak mie dan plastic yang akhirnya menjadikan kanungan super toksit (racun berbahaya). Semakin panas air atau minyak di dalam plastic, maka semakin tinggi pula kontaminasi plastic jika terlalu sering hal-hal semacam ini terjadi, maka penyakit yang di timbulkan dari bahan ini adalah penyakit-penyakit kronis. Salah satunya indikasi kanker.

Untuk mengurangi resiko kanker yang di sebabkan karena kelalaian seperti ini, ada baiknya kita menggunakan pembungkus sendiri yang lebih aman. Atau kalo enggak, lebih baik makan di tempat aja.

0 komentar:

Posting Komentar