Pages

Subscribe:

Senin, 24 Januari 2011

Tsunami


Tsunami yang baru saja menghantam mentawai baru-baru telah masuk ke catatan sejarah sebagai kejadian yang paling menakutkan dan dahsyat dimuka bumi. Pasalnya kejadian tersebut telah merenggut banyak banget korban. Namun sejarah juga mencatat banyak banyak banget kejadian yang diakibatkan oleh hantaman dahsyat ombak laut. Dari skala kecil. Hingga yang terbesar.

Kejadian tsunami paling luar biasa pun akhirnya di rangkum menjadi lima yang paling dahsyat. Di urutan ke lima ada tsunami yang di akibatkan letusan gunung di selat sunda. Tsunami yang terjadi pada tahun 1883 ini merenggut korban jiwa sebanyak 36ribu orang. Konon kabarnya gelombang yang diciptakan akibat letusan itu mencapai 40 meter dan menghancurkan 165 desa diwilayah jawa dan sumatera.

Tsunami terbesar ke empat terjadi 1 abad sebelumnya, yakni tahun 1782 diwilayah Laut Cina Selatan. Gak jelas pusat gempa tektonik tersebut terletak dimana. Tapi setidaknya ada sebanyak 40 ribu orang tewas akibat gelombang dahsyat ini. Berdekatan dengan pada masa itu gempa yang berpusat didasar perairan atlantik pada tahun 1755 mengakibatkan kerusakan parah terjadi di kota-kota besr di Portugal, Spanyol dan Maroko. Jumlah korban tewas mencapai 60 ribu orang dan kota Lisbon mendapat kerusakan yang terparah.
Dimasa Yunani Kuno menjadi tsunami pertama yang terekam sejarah. Tsunami yang diakibatkan oleh letusan gunung yang berada di dekat pula Thera dan Santorini ini menewaskan sekitar 100 ribu korban jiwa. Gelombang setinggi 15 meter yang terjadi pada tahun 1500 SM ini meruntuhkan peradaban Minoa. Sebuah peradaban yang berkembang pada jaman itu.

Gelombang terdahsyat di muka bumi ini terjadi pada 26 Desember 2004, yakni tsunami di Aceh. Gelombang air laut yang terjadi karena kekuatan gempa hingga 9,3 SR ini menyapu beberapa wilayah di Aceh (Indonesia), India, SriLanka, Thailand, Maladewa dan beberapa wilayah di Afrika Timur. Jumlah korban tewas tsunami mencapai 226 ribu jiwa dengan 166 ribu merupakan warga Indonesia. Tsunami di Aceh menjadi yang terbesar di muka bumi dan gempa terbesar ke empat dalam sejarah.

0 komentar:

Posting Komentar